Sabtu, 09 Juli 2011

TAHUKAH KAMU : Keajaiban Terbaru Dari Sebuah Telur



Telur selama ini dikenal sebagai sumber penghasil protein, lipid, vitamin dan mineral. Namun, baru-baru ini para peneliti dari University of Alberta menemukan bila telur juga mengandung sifat antioksidan, yang dapat membantu dalam pencegahan penyakit jantung dan kanker.


Jianping Wu, Andreas Schieber dan mahasiswa pascasarjana Chamila Nimalaratne dan Daise Lopes-Lutz dari UA Departemen Pertanian dan Ilmu Pangan Gizi telah memeriksa kuning telur dihasilkan oleh ayam yang diberi makan gandum atau jagung. Mereka menemukan dua asam amino, triptofan dan tirosin, yang memiliki sifat antioksidan yang tinggi pada kuning telur ayam tersebut.

Para peneliti berkesimpulan bahwa mengkonsumsi dua kuning telur dalam keadaan mentah, sama dengan mengkonsumsi bua buah apel atau sama dengan mengkonsumsi 25 gram dari cranberry. Namun, ketika telur digoreng atau direbus, sifat antioksidan akan berkurang sekitar setengahnya. Dan bila dimasak dengan menggunakan microwave, maka akan hilang lebih banyak daripada direbus atau digoreng. "Ini penurunan yang besar tetapi masih menyisakan nilai antioksidan yang sama dengan antioksidan pada apel" kata Wu.
Penemuan dua asam amino, menandakan adanya sifat antioksidan dalam kuning telur, kata Wu, seorang profesor pertanian, makanan dan ilmu gizi. Ia dan timnya juga akan memeriksa zat lain yang terkandung dalam telur, seperti karotenoid, pigmen kuning pada kuning telur, serta peptida.

Dalam penelitian sebelumnya, Wu menemukan bahwa protein yang berasal dari telur dapat menghasilkan peptida yang bertindak  sama seperti ACE inhibitors pada obat resep yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Wu menyarankan peptida dapat diformulasikan untuk membantu mencegah dan mengobati hipertensi.

sumber: PengajarPlus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar