Sabtu, 22 November 2008

RAHASIA DAPAT MENGUASAI MATEMATIKA


1. Niat tulus
Niatkan bahwa belajar merupakan ibadah kepada Tuhan. Tujuan anda belajar matematika adalah mengabdi kepadaNya
2. Berdoa
Awali setiap belajar anda dengan menyebut dan mengingat Tuhan dan berdoa.
Yakinkan diri anda bahwa hanya dengan ijinTuhan, anda bisa jika berusaha.
3. Tidak sombong
Bersihkan hati anda dari penyakit "sombong"
Seringkali kita tidak sadar bahwa rasa sombong menyelinap di hati kita manakala harus belajar matematika. Mengira tanpa mendengar gurupun bisa, tanpa melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru pun bisa. Merasa diri sudah cerdas, sehingga tidak serius dalam belajar.
4. Percaya diri
Jangan vonis bahwa "matematika itu sulit, tidak bisa dipelajari". Karena itu sama saja dengan memvonis diri sendiri, "aku bodoh, aku gak bakalan bisa matematika".
Begitu anda mengatakan itu di hati anda, maka pintu hati anda tertutup untuk matematika. Akibatnya pikiran andapun tertutup, sehingga ilmu tidak dapat masuk kedalam pikiran anda.Sepintar apapun guru yang mengajar anda, tidak akan ada penambahan ilmu di otak anda.
5. Belajar dengan bertahap
Pelajari secara bertahap, dari dasar, pelajari konsep-konsepnya (pengertian-pengertiannya), kemudian sifat-sifatnya, rumus-rumus, baru mengerjakan soal dari yang mudah.
Jika ternyata anda sadar bahwa kesulitan anda karena tidak menguasai materi sebelumnya yang menjada dasar materi yang anda pelajari saat ini, maka tekadkan diri anda menyediakan waktu untuk mempelajari dasar-dasar itu, dari awal, dan kerjakan juga soal-soanya.
6. Perbanyak latihan mengerjakan soal-soal.
Sekalipun anda hafal semua rumus-rumus, itu tidak akan berarti, jika anda tidak pernah atau jarang latihan. Jika anda mengalami kesulitan pada awal anda akan mengerjakan soal latihan, maka kerjakan saja contoh-contoh soal dari buku.
7. Kuasai konsep
Jika kita sudah menguasai konsep, MATEMATIKA? ENJOY AJA
8. Rajin berdiskusi
Yang ini fungsinya biar kita gak ku-in (kurang informasi) so kita bisa tuker pendapat

2 komentar:

  1. mas klo bisa materi matematikanya yang mencangkup tingkat mahasiswa juga dong..hihi..jadi buat anak SMP,SMA,dan kuluahan sering2 berkunjung kesini,,,saya siap mempublikasikan

    BalasHapus
  2. SIAP LAKSANAKEN!

    DITUNGGU AJA POSTINGAN SELANJUTNYA

    BalasHapus